Profil

Sabtu, 16 November 2013

FUNGSI KOMPUTER DALAM BIDANG AKUNTANSI



FUNGSI KOMPUTER DALAM BIDANG AKUNTANSI

Pada zaman sekarang aplikasi komputer makin canggih tetapi penggunaan komputer oleh masyarakat umum mungkin hanya sebatas pertukaran informasi dan pemanfaatan dalam batas-batas minimal saja, padahal fungsi dan manfaat dari komputer itu sendiri sangat luas. Apalagi dalam universitas atau perguruan tinggi bukan hanya mahasiswa dari fakultas ilmu komputer saja yang mempelajari ilmu komputer, tetapi mahasiswa dari fakultas sastra, kedokteran, teknik, bahkan fakultas ekonomipun mempelajarinya. Bagi fakultas ekonomi khususnya jurusan akuntansi penggunaaan komputer itu sangat penting. Karna dapat mempermudah mengerjakan laporan keuangan. Manfaat komputer itu sendiri bagi anak akuntansi sangat banyak, antara lain dapat mengerjakan siklus akuntansi mulai dari jurnal, buku besar, neraca lajur, laporan keunagan, sampai neraca saldo penutup secara cepat dan akurat dengan menggunakan komputer berbasis akuntansi contohnya MYOB dan lain-lain

Ada pun berbagai keuntungan Sistem Komputer di Bidang Akuntansi
Dibandingkan dengan sistem manual (tulis tangan), sistem komputer memberikan banyak keuntungan, diantaranya :
  Kecepatan. Sistem komputer dapat menghasilkan informasi yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan sistem manual, karena komputer dapat melaksanakan pekerjaan pada saat yang bersamaan dengan kecepatan tinggi.
Volume hasil. Sebagai akibat proses pengerjaan yang cepat, maka volume transaksi yang dapat diolah menjadi jauh lebih banyak, dan volume hasil yang dapat diperoleh juga semakin banyak.
Pencegahan kekeliruan. Tingkat ketelitian komputer, jauh lebih tinggi daripada ketelitian manusia. Oleh karena itu, pemakaian komputer akan sangat banyak mengurangi kekeliruan. Selain itu sistem komputer juga dilengkapi dengan berbagai cara untuk mencegah terjadinya kekeliruan.
Posting otomatis. Bila kita menggunakan sistem akuntansi dengan komputer, maka posting akan dilakukan secara otomatis. Hal ini akan sangat mengurangi pekerjaan pembukuan. Selain itu tingkat ketelitiannya pun jauh lebih tinggi. Pemakaian komputer menjamin posting dilakukan secara tepat.
  Penyusunan laporan otomatis. Dalam sistem akuntansi dengan komputer, laporan-laporan dikerjakan secara otomatis. Komputer dapat melakukan proses penjurnalan, posting, penyusunan laporan keuangan, dan laporan-laporan khusus untuk manajemen secara otomatis.
  Pencetakan dokumen otomatis. Sistem komputerisasi dapat mengerjakan berbagai dokumen yang digunakan dalam perusahaan, seperti : faktur, laporan piutang bulanan, check gaji dan laporan pendapatan.

Dibidang akuntansi sistem pemrosesan informasi akuntansi berbasis komputer banyak ditawarkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan bagi para akuntan untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, tepat waktu, lengkap, dapat dipahami, dan teruji. Dari hal tersebut mahasiswa akuntansi dapat melihat banyak sekali peluang untuk dapat memenuhi kebutuhan perusahaan akan akuntansi berbasis komputer dengan cara membuat software-software akuntansi. Software akuntansi yang dibuat harus dapat memenuhi kebutuhan para akuntan sehingga software tersebut dirasakan sangat bermanfaat bagi perusahaan, khususnya bagi para akuntan yang menggunakan software tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan komputer bukan hanya sekedar menggantikan mesin TIK tetapi dengan kita mempelajari ilmu komputer banyak manfaatnya apalagi dalam dunia pendidikan, contohnya dalam bidang akuntansi yakni dapat mengerjakan laporan-laporan keuangan dengan mudah dan cepat.


Diposkan oleh thandtriieRM di 22.44


Tidak ada komentar: